Senin, 18 Juni 2012

Atmosfer

Pengertian Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi.
1.Lapisan Atmosfer:
?Lapisan Troposfer
            Lapisan troposfer adalah lapisan udara yang paling dekat dengan bumi. Tinggi lapisan ini sekitar 8 km di Kutub dan 16 km di khatulistiwa. Lapisan ini berpengaruh terhadap suhunya yaitu setiap naik 1000 meter, suhu akan turun 6o C di daerah tropis. Pengaruh ketinggian tempat terhadap suhunya disebut gradien geothermis.

?Lapisan Stratosfer
            Lapisan stratosfer berada di ketinggian sekitar 8 km(kutub) atau 16 km(khatulistiwa) hingga 49 km dari permukaan bumi.pada lapisan ini, terdapat konsenterasi ozon di ketinggian 22 km.

?Lapisan Mesosfer
            Lapisan mesosfer terdapat di ketinggian antara 49 km- 85 km dari permukaan bumi.


?Lapisan Termosfer (Ionosfer)
            Lapisan termosfer berada di ketinggian antara 85 km-500 km dari permukaan bumi. Lapisan ini sering disebut sebagai lapisan panas (hot layer) karena suhu di bagian atas ±1010 Co. Pada lapisan ini terdapat lapisan Ionosfer pada ketinggian 85 km-375 km.

?Lapisan Eksosfer
            Lapisan eksosfer berada di ketinggian lebih dari 500 km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini, pengaruh gravitasi bumi mulai hilang.



2.Kegunaan Atmosfer:
Lapisan Atmosfer
Kegunaan
Troposfer
1.Pernafasan bagi makhluk hidup
2.Terjadi fenomena cuaca
Stratosfer
1.Melindungi dari radiasi matahari
2.Pelindung bumi dari benda benda langit
Termosfer
3.Memantulkan gelombang radio


3.Gas-Gas Yang Menyusun Atmosfer (Urutan berdasarkan banyaknya):
NO
Nama Gas
Simbol
Volume (%)
1
Nitrogen
N2
78,08
2
Oksigen
O2
20,95
3
Argon
Ar
0,93
4
Karbon dioksida
CO2
0,37
5
Neon
Ne
0,0018
6
Helium
He
0,0005
7
Metana
CH4
0,00017
8
Hidrogen
H
0,00006
9
Xenon
Xe
0,000009
10
Ozon
O3
0,000004
11
Klorofluorokarbon
CFC
0,00000002

4.Kegunaan gas-gas atmosfer:
No
Nama Gas
Kegunaan
1
Nitrogen
Untuk pertumbuhan tanaman
2
Oksigen
Untuk pernafasan
3
Karbon dioksida
Untuk fotosintesis
4
Neon
Untuk lampu listrik
5
Ozon
Untuk menyerap sebagian radiasi matahari

5.Cuaca dan Iklim

1.Pengertian Cuaca dan Iklim

?Cuaca
            Cuaca adalah keadaan udara dalam waktu singkat dan di tempat yang relatif sempit. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorologi

?Iklim
            Iklim adalah keadaan udara dalam waktu lama(Berkisar 30 tahun sampai 100 tahun) dan di tempat luas. Ilmu yang mempelajari Iklim disebut klimatologi.
           

Faktor yang mempengaruhi cuaca atau iklim adalah sebagai berikut:

A.Radiasi Matahari
            Radiasi matahari menyebabkan adanya panas di permukaan bumi. Radiasi matahari datang ke bumi dalam bentuk elektromagnetik. Daerah yang paling banyang mendapatkan energi matahari adalah khatulistiwa(tropis). Semakin ke kutub, semakin sedikit menerima energi matahari. Radiasi matahari yang sampai di atmosfer (lapisan paling luar) adalah 100%, dipantulkan kembali 34%, diserap atmosfer 19% dan mencapai permukaan bumi 47%.

B.Temperatur Udara
            Derajat panas udara disebut temperatur udara. Temperatur udara di berbagai tempat tidaklah sama. Faktor faktor yang mempengaruhi temperatur udara adalah sebagai berikut.

1)Sudut datang sinar matahari
Semakin tegak sudut matahari, semakin panas.

2)Cerah tidaknya cuaca
Jika cuaca cerah, udara akan semakin panas.

3)Lama penyinaran matahari
Semakin lama disinari matahari, udara akan semaikn panas.

4)Letak lintang
Semakin mendekati khatulistiwa udara akan semakin panas.

5)Ketinggian tempat
Semakin tinggi tempat, udara akan lebih dingin.

C.Tekanan udara
            Tekanan udara adalah kerapatan udara pada suatu tempat. Semakin panas, tekanan udara semakin rendah karena udara panas akan naik ke atas. Akibatnya, tempat yang penas memiliki tekanan udara rendah dan tempat itu akan diisi udara dingin yang prosesnya biasa disebut angin. Alat untuk mengukur angin disebut barometer sedangkan hasilnya disebut barograph.

D.Angin
            Seperti yang sudah dijelaskan diatas, angin adalah udara yang bergerak karena udara dingin mengisi tempat yang ditinggalkan udara panas. Alat untuk mengukur kecepatan angin disebut anemometer. Jenis Jenis angin adalah sebagai berikut:

1)Angin Darat
Angin darat adalah arah angin dari darat ke laut dan terjadi pada malam hari. Hal tersebut dikarenakan benda padat cepat menerima panas tetapi juga cepat melepaskan panas sedangkan benda cair lambat menerima panas tetapi juga lambat melepaskan panas. Karena itu, ketika malam udara di laut lebih hangat dibanding di darat.
2)Angin Laut
Angin laut adalah angin yang arahnya dari laut ke darat dan terjadi pada siang hari.

3)Angin Gunung
Angin gunung adalah udara yang bergerak dari gunung ke lembah yang terjadi pada malam hari.

4)Angin Lembah
Angin lembah adalah angin dari lembah ke gunung yang terjadi di siang hari.

5)Angin Siklon
Angin siklon adalah udara yang bertiup dari tempat yang bersuhu dingin(bertekanan tinggi) ke titik pusat udara bersuhu panas (bertekanan rendah).



6)Angin Anti Siklon
Angin Anti siklon adalah udara yang bertiup dari titik pusat yang bertekanan tinggi ke tempat di sekelilingnya yang bertekanan rendah.




7)Angin Fohn
Angin fohn adalah angin yang turun dari lereng gunung. Angin tersebut bersifat panas karena udara yang turun mendapatkan pemanasan secara dinamis. Bersamaan dengan itu, kelembaban nisbi(kelembaban yang dihitung dalam % sering juga disebut kelembaban relatif) turun dengan cepat. Contoh angin fohn adalah angin gending di probolinggo dan pasuruan, angin brubu di makassar,angin bahorok di Deli.

8)Angin Muson Barat
Angin muson barat terjadi pada akhir bulan September sampai Maret.Angin ini berasal dari samudra hindia menuju benua australia. Angin ini memiliki uap air cukup banyak sehingga pada saat itu di Indonesia musim hujan.

9)Angin Muson Timur
Angin muson timur berasal dari benua australia menuju samudra hindia. Angin muson timur bersifat kering.karena itu, pada saat itu Indonesia mengalami musim kemarau.


E.Kelembaban Udara
            Kelembaban udara menunjukkan banyaknya kandungan uap air di dalam udara. Kandungan uap air yang ada dapat diukur menggunakan higrometer.Kelembaban dapat dinyatakan dengan kelembaban nisbi(relatif) dan kelembaban mutlak.

1)Kelembaban relatif adalah kelembaban yang diukur menggunakan perbandingan antara jumlah kandungan air dalam udara dibanding jumlah kandungan air maksimal di udara pada temperatur dan tekanan udara sama.(kelembaban udara/kelembaban maksimal)X100%

2)Kelembaban mutlak adalah kelembaban udara yang diukur dengan jumlah uap air dalam udara setiap satuan volume udara(jumlah uap air/satuan3)

F.Awan
            Awan terjadi karena adanya proses kondensasi uap air.Awan yang mencapai permukaan bumi disebut kabut. Menurut ketinggiannya, awan yang berada di bawah ketinggian 2000 m disebut awan rendah, Diantara 2000 dan 7000 disebut awan sedang dan di atas 7000 m disebut awan tinggi.

G.Curah hujan
            Curah hujan adalah titik titik air hasil pengembunan uap air di udara dalam satuan milimeter.rata rata butir hujan mempunyai garis tengah antara 0,08 sampai 6 milimeter. Tipe hujan berdasarkan ukuran butirnya adalah hujan halus, hujan rintik, dan hujan lebat. Alat ukur hujan disebut ambrometer. Tipe hujan di Indonesia antara lain :
1.hujan asam yaitu hujan membawa polutan dan berubah sifat menjadi asam.
2.Hujan orografis yaitu hujan yang terjadi di lereng pegunungak karena uap air terhalang gunung dan terjadi kondensasi.
3.Hujan Zenithial terjadi karena naiknya udara panas yang mengandung uap air kemudian terjadi kondensasi.
4.Hujan frontal terjadi karena pertemuan udara panas dan udara dingin kemudian udara panas yang mengandung banyak uap air naik ke atas udara dingin yang mengakinbatkan terjadi pengembunan dan menjadi hujan.

Hubungan lokasi dengan keadaan iklim dan cuaca
a.semakin dekat khatulistiwa, temperatur semakin panas. Semakin dekat kutub, temperatur semakin dingin.
b.semakin tinggi tempat, akan semakin dingin(sebatas troposfer)
c.Keadaan berupa lautan luas menjadikan temperatur tidak terlalu panas.
d.keadaan berupa gurun menjadikan temperatur panas.
Lingkungan fisik tersebut menjadikan bumi memiliki iklim berikut:


1.Iklim matahari
  Iklim matahari adalah iklim suatu tempat berdasarkan letak garis lintang.Iklim tropik antara 23 ½o LU sampai 2 ½ o LS, Iklim subtropik antara 23 ½ o LU sampai 40 oLU dan 23 ½ LS sampai 40 oLS, Iklim sedang antara 40 oLU sampai 66 ½ o LU dan 40 o LS sampai 66 ½ o LS, Iklim dingin antara 66 ½ oLU sampai 90 oLU dan 66 ½ o LS sampai 90 o LS.




2.Iklim fisis
Iklim fisis adalah iklim suatu tempat yang dipengaruhi lingkungan alam disekitarnya atau kondisi fisisnya.tipe tipe iklim fisis yang kita kenal adalah sebagai berikut.

a)Iklim darat, dipengaruhi oleh angin dari dataran yang luas.
b)Iklim laut, dipengaruhi oleh angin laut.
c)Iklim ugahari, yaitu iklim yang memiliki ciri khusus,yaitu suhu di siang hari sangat panas sedangkan di malam hari sangat dingin.
d)Iklim pegunungan, terasa sejuk dan terdapat di daerah pegunungan yang masih memiliki hutan yang luas.


Sekian pengertian dari atmosfer mohon sarannya.
Jika ingin menyimpan e-book artikel ini, silahkan download di sini.jika tidak tahu cara mengextract, klik disini


Demikian pengertian atmosfer. jika ada pertanyaan, saran, dan kekurangan mohon diberitahukan di komentar.

1 komentar:

  1. Makasih buat infonya.., kunjungi juga dan pilih2 buku di : Hon Book Store

    www.honbookstore.com

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, kekurangan dari artikel di atas, atau saran, dapat anda kirimkan disini